Minggu, 26 Mei 2013

Api Abadi Mrapen



Salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di daerah Grobogan yang terletak di daerah Mrapen adalah Api Abadi Mrapen. Api ini dikenal oleh masyarakat setempat sebagai api yang selalu menyala disetiap saat baik dimusim kemarau dan dimusim penghujan sekalipun. Sehingga masyarakat setempat menamakannnya sebagai api abadi karena tak lenyap termakan oleh zaman.


Pada bagian samping Obyek Wisata Api Abadi tersebut terdapat obyek wisata yang juga tak kalah menariknya yaitu Sendang Dudo. Obyek Wisata Sendang Dudo ini terletak dalam satu lokasi dengan Api Abadi tersebut. Obyek Wisata Sendang Dudo merupakan sebuah sendang yang airnya senantiasa terlihat mendidih (padahal sebenarnya adalah uap atau gas bertekanan yang menyembur dari dalam perut bumi mengenai sebuah danau kecil). Akibat tekanan gas tersebut menyebabkan timbulnya gelembung-gelembung air dibagian permukaannya. Air dalam kolam tersebut anehnya juga tidak mengalami kekeringan. Apabila gelembung air tersebut disulut dengan api akan menyebabkan nyala api membesar yang menandakan gas bertekanan tersebut adalah gas yang mudah terbakar, seperti gas alam barang kali ya.


Disamping wisata Api Abadi dan Sendang Dudo, dalam satu lokasi juga yaitu Wisata Batu Bobot. Wisata Batu Bobot oleh masyarakat setempat dikeramatkan, barang siapa yang datang di situ dan kuat mengangkat Batu Bobot tersebut sampil duduk maka orang tersebut diyakini akan terkabul segala apa permintaannya. Tapi itu hanya anggapan masyarakat setempat saja.
 
Lokasi
Obyek Wisata Api Abadi Mrapen ini terletak di Jalan Raya Purwodadi-Semarang Km. 26 di Desa Manggarmas Kecamatan Godong Kabupaten Brobogan.

Keutamaan dan Manfaat
Obyek Wisata Api Abadi mencerminkan sebuah kekuasaan Sang Kuasa dalam menciptakan keunikan alam yang patut kita kagumi. Sendang Dudo dapat memberikan kedamaian hati apabila kita duduk-duduk disamping sendang karena ada letupan-letupan dari dalam air sendang. Sedangkan Batu Bobot hanyalah sebuah batu biasa akan tetapi memiliki keunikan tampilan yang menarik untuk dilihat.




Referensi http://grobogan.8k.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar